Jaga Jarak, Pakai Masker, dan Hindari Kerumunan

Halaman

Wednesday, September 26, 2018

Menyelesaikan permasalahan matematika dengan gambar

Amir orang Indonesia berteman dengan seorang Amerika bernama Michael. Suatu kali Amir mendapati badan Michael menggigil. “What happened to you?” tanya Amir. “I think I’ve got a fever, my body temperature is 104oF.” Amir tidak tahu seberapa panas suhu tubuh Michael. Maka, ia melakukan konversi suhu, 5/9 x (104 – 32) = 40oC. “Wow, that’s 40oC. You must seek a doctor!” seru Amir pada Michael.
Satuan-satuan dalam suhu tubuh merupakan contoh deskripsi simbolik. Di dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita mengalami kesulitan dalam mengestimasi dengan cepat deskripsi simbolik yang tidak kita kenal, seperti satuan-satuan pengukuran (inci, lbs, galon, dll.) dan rumus-rumus dalam matematika. Hal ini berkaitan dengan keterbatasan otak kita dalam mengolah deskripsi simbolik. Deskripsi lain seperti gambar jauh lebih mudah kita pahami. Itulah mengapa hampir seluruh rambu lalu lintas menggunakan deskripsi gambar.
Kali ini kita akan membahas beberapa solusi permasalahan matematika yang lebih mudah diperoleh dengan metode gambar daripada metode simbolik. Perlu diingat bahwa trik ini berlaku untuk beberapa permasalahan aljabar saja. Bila deskripsi gambar tidak memungkinkan, mau tidak mau kita harus menyelesaikannya dengan standar aljabar yang ada.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar Terbaru

Translate

Followers

Guru Itung. Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *