Jaga Jarak, Pakai Masker, dan Hindari Kerumunan

Halaman

Saturday, September 22, 2018

Peran Matematika dalam Ilmu Forensik

Teman-teman mungkin pernah menonton film-film detektif, baik film berjenis kartun maupun film yang diangkat dari kisah nyata seperti CSI Files dan Forensic Files. Kalau teman-teman perhatikan, kasus yang paling sering ditampilkan dalam film maupun kisah nyata adalah kasus penemuan jenazah. Dalam film-film tersebut seorang detektif dan ahli forensik dapat menentukan kapan jenazah tersebut meninggal dunia.



Penentuan perkiraan kapan korban meninggal dunia sangat penting dalam menentukan siapa pembunuh korban. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara detektif dan ahli forensik menentukan waktu kematian korban dengan menggunakan hukum pendinginan Newton. Hukum ini ditemukan oleh Sir Isaac Newton, ilmuwan yang sama dengan penemu hukum tentang gerak.



Manusia merupakan makhluk berdarah panas. Artinya, suhu tubuh manusia tidak banyak dipengaruhi suhu lingkungan. Suhu tubuh manusia normal adalah 37,5 oC. Pada saat seseorang meninggal, suhu tubuhnya tidak akan 37,5 oC, tetapi turun secara perlahan sehingga dalam jangka waktu tertentu suhunya akan sama dengan suhu lingkungan. Dalam hal ini, suhu lingkungan dianggap lebih rendah dari suhu tubuh manusia normal. Pada umumnya, suhu lingkungan adalah 27 oC.




Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar Terbaru

Translate

Followers

Guru Itung. Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *