Jaga Jarak, Pakai Masker, dan Hindari Kerumunan

Halaman

Wednesday, October 10, 2018

Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) For School

Pendidikan merupakan salah satu pilar penyokong pembangunan suatu bangsa di samping aspek ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. Kemajuan suatu negara tidak terlepas dari mutu pendidikan negara tersebut. Pendidikan yang bermutu dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam mengawal pembangunan suatu negara serta siap dan mampu bersaing dalam persaingan pasar bebas yang semakin ketat.

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah membutuhkan sumber daya manusia yang handal agar bisa terkelola dengan baik. Pengelolaan sumber daya alam yang baik akan berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan rakyat, kejayaan bangsa dan negara yang berkemajuan.

Sayangnya, capaian mutu pendidikan di Indonesia masih rendah. Ini terlihat dari hasil studi Trends in International Mathematic and Science Study (TIMSS) dan Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih rendah. Untuk melihat hasil studi PISA dalam kemampuan membaca, matematika, dan sains silahkan klik disini.

AKSI for school adalah salah satu upaya untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kompetensi siswa. Didesain sebagai penilaian formatif yang ringkas, mencakup topik-topik yang esensial dan fundamental, disajikan dalam bentuk modul komputer sehingga memudahkan replikasi dan dokumentasi data, AKSI for school diharapkan menjadi salah satu sumber belajar bagi siswa dan guru.

Oleh karena itulah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama melaksanakan Training of Trainers Pemanfaatan Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) For School. ToT ini diikuti oleh masing-masing 1 orang perwakilan dari MGMP Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia dari seluruh Indonesia. ToT yang berlangsung selama 5 hari ini dilaksanakan di 12 region, yaitu Medan, Semarang, Bandung, Surabaya, Manado, Makassar, Kupang, Pekanbaru, Jakarta, Palembang, dan Balikpapan. 



ToT Pemanfaatan AKSI For School di Makassar dilaksanakan sebanyak 2 gelombang. Gelombang I dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 22 September 2018 dan gelombang II dilaksanakan pada tanggal 9 s.d 13 Oktober 2018.

Adapun User Manual Aplikasi MOTIVASI (Modul Tes Inovatif Siswa Indonesia) Program Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) For School dalam bentuk pdf dapat diunduh disini. Sedangkan gambaran umum tentang Program AKSI For School dapat diunduh disini.

Gambaran umum Program AKSI For School dan tutorialnya dapat pula disimak melalui video berikut:

1. Video gambaran umum Program AKSI For School

2. Video tutorial Aplikasi MOTIVASI (Modul Tes Inovatif Siswa Indonesia) Program Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) For School


Dalam waktu dekat akan dilakukan diseminasi kepada guru-guru matematika SMP di Makassar melalui MGMP Matematika SMP kota Makassar.

Share:

3 comments:

Komentar Terbaru

Translate

Followers

Guru Itung. Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *