Jaga Jarak, Pakai Masker, dan Hindari Kerumunan

Halaman

Sunday, November 24, 2019

CARA MEMINDAI DOKUMEN DENGAN MENGGUNAKAN ANDROID (Mesin Scanner yang Murah dan Praktis)

Anda mungkin pernah mengalami keadaan dimana harus memindai dokumen atau gambar dengan ukuran kapasitas tertentu sementara Anda berada jauh dari rumah atau kantor tanpa mesin scanner. Belum lagi dokumen atau gambar yang harus dipindai berukuran Folio (F4) atau lebih sementara mesin scanner hanya bisa memindai dokumen yang berukuran maksimal A4. Pada kondisi ini, Anda bisa menggunakan android sebagai mesin scanner yang efektif dan efisien.
Sebenarnya aplikasi scanner banyak tersedia di Playstore, tapi kali ini saya ingin berbagi cara memindai dokumen dengan menggunakan aplikasi "Clear Scanner". Berikut tutorialnya:
  1. Download aplikasi “Clear Scanner” di Playstore
  2. Buka aplikasinya di android
  3. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut. Klik ikon kamera di bagian bawah 
  4. Untuk mengatur pencahayaan, klik ikon pencahayaan
  5. Untuk mengatur resolusi kamera, klik ikon setting 
  6. Pastikan layar kamera tepat berada di atas dokumen yang akan discan. Pastikan semua bagian dokumen telah termuat dalam layar kamera. Lalu klik button bulat di tengah bawah. 
  7. Geser titik-titik sudut gambar pada layar agar seluruh bagian dokumen dapat termuat secara sempurna. Lalu klik ikon "centang" di sudut kanan bawah. 
  8. Untuk menyimpan atau membagikan hasil scan, klik gambar yang telah discan terlebih dahulu. 
  9. Jika ingin membagikan, klik share
  10. Untuk mengubah format hasil scan (jpg/pdf), klik pada menu “Share as”. Untuk mengubah nama dokumen, ketik di menu “Filename”. Dan untuk mengatur ukuran kapasitas file, pilih di menu “File Size”. 
  11. Selanjutnya pilih aplikasi yang akan digunakan untuk membagikan gambar/ dokumen yang telah discan.
  12. Jika ingin menyimpan, klik tiga titik pada menu “More” di sudut kanan bawah. 
  13. Jika ingin menyimpan dalam penyimpanan internal, pilih “Save to storage”. 
  14. Untuk mengubah format hasil scan (jpg/pdf), klik pada menu “Share as”. Untuk mengubah nama dokumen, ketik di menu “Filename”. Dan untuk mengatur ukuran kapasitas file, pilih di menu “File Size”. Selanjutnya pilih folder penyimpanan. 
Demikian tutorial cara memindai dokumen atau gambar dengan menggunakan aplikasi "Clear Scanner". Kini Anda serasa membawa mesin scanner dalam saku dan bisa memindai dokumen kapanpun dan dimanapun Anda berada tanpa harus frustasi lagi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar Terbaru

Translate

Followers

Guru Itung. Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *